Bikin Sendiri Cronut-mu: Si Bulat Renyah yang Mewabah

Wednesday, July 24, 2013



Apa sih sebenernya Cronut™ itu? Banyak yang mendeskripsikannya sebagai separuh croissant, separuh donat. Tapi sebenernya untuk bikin pastry yang lagi nge-hits di seluruh dunia ini nggak segampang asal ngegoreng adonan croissant. Kalo baca di situs resminya sih, adonan ini udah ada formulanya sendiri yang bikin teksturnya lebih proper. Cronut™ ini adalah kreasi seorang chef yang namanya Dominique Ansel dari New York City, dan dengan penggemar yang tersebar dari Berlin sampai ke Singapura bikin Cronut™  jadi makanan pencuci mulut paling fenomenal sekarang ini. Cupcake dan macaron? Oh, udah lewat deh masanya…


Nah, trus gimana dong supaya kita yang tinggal di Indonesia bisa ikut nyobain Cronut™  ini? Kenyataannya umur Cronut ini nggak bisa lama, dan kalo ditaro di kulkas teksturnya yang renyah ala croissant itu bisa hilang. Intinya, begitu dibeli, Cronut harus langsung cepet dimakan. Mau nitip orang bawa dari NYC juga kayanya keburu basi ya… Selama tulisan ini dibuat, gw sih belom pernah dapet info ada bakery di Indonesia khususnya Jakarta yang udah bikin copy-an dari Cronut™ ini. Lho, jadi emang ada copy-annya? Ada!

Sebenernya nggak nunggu lama juga pasti ada sih bakery yang mulai bikin jiplakan dari Cronut ini di Jakarta. Soalnya, di Malaysia dan Singapore  aja udah ada yang bikin :). Kalo dari tadi baca tulisan ini perhatiin nggak ada tanda trademark di tulisan Cronut? Ya, emang nama ini udah jadi trademark dari bakery-nya si Dominique Ansel, jadi versi-versi jiplakannya ada yang kasi nama Dossant, Crodo, dan lain-lain. Okeh, buat yang mungkin ada rencana ke Malaysia atau Singapore, ini dia bakery yang menjual Cronut™ versi mereka:

Singapore

Bentuknya emang seperti layaknya donut, dibuat dari adonan croissant yang di goreng kemudian diisi dengan krim, dan diberi lapisan gula.

Harga: SGD 4.90 (Sekitar Rp. 40ribu)

Malaysia
KLonuts, at Dessert Storm counter (Ben's Independent Grocer, Publika, KL)
Tempatnya ada di tengah supermarket Ben's Independent Grocer. Lebih tepatnya semacam pop-up counter gitu. Dengan empat varian rasa yang ditawarkan: Peanut Butter and Caramel, Lemond Curd and Meringue, Cheesecake dan Coklat, camilan renyah ini bisa dibeli di hari Selasa sampai Minggu antara jam 4 sore hingga 10 malam.

Harga: RM 7 (Sekitar Rp. 22ribu)



Menyebut dirinya sebagai "Cake Designer", Su yang punya toko kue di Garden Mall, KL ini bikin sendiri Cronut™ versinya. Yang unik, ada salah satu varian rasa yang emang terinspirasi dari rasa lokal Malaysia yaitu "Coconut-Kaya" disamping ada rasa lainnya yaitu Lemon Cream & Strawberry, Vanilla Cream, juga Caramel & Assorted-Nut Praline. Menurut info sih, dijualnya mulai sore hari, dan cuma bakal seasonal aja.

Harga: RM 10 (Sekitar Rp. 32ribu)
----------
So, bisa deh mulai hunting makanan ini ke negara tetangga. Atau kalo mau nitip temen yang pergi kesana juga masih mungkin lah ya daripada nitip yang dari NYC. Tapi, kalo nggak sabar, penasaran, punya sedikit skill memasak, dan punya passion dalam hal Do It Yourself yang sangat tinggi kaya gw, silahkan coba bikin sendiri! Gw akan share cara bikin Cronut yang gampanggg bangett… Tapi yang perlu diinget, rasa dan tekstur jelas nggak akan persis sama yang asli. Cuma mengobati rasa penasaran aja… Hehe

Bahan:
  • Puff Pastry Instan (dijual dalam bentuk beku)
  • Minyak goreng
  • Gula Halus
  • Air
  • Butter
  • Vanilla Extract
  • Bubuk Kayu Manis
  • Rolling Pin
  • Cetakan Donat
  • Ayakan/ Saringan
Cara Membuat:
Perlu diketahui kalo sebelum mulai bekerja dengan puff pastry instan ini, pastiin kalo dia udah nggak terlalu beku. Dan nanti ketika udah terlalu lama di suhu ruang juga dia akan mulai meleleh, balikin dia ke freezer sebelum mulai diolah lagi. Pertama buka lembaran puff pastry yang bentuknya berlipat-lipat ini. Kalo mau cronut yang dibikin agak tebel, pake kira2 2 lembar (satu lipetan). Giling dengan rolling pin, tapi jangan sampe terlalu tipis, intinya cuma biar 2 lembar ini menyatu. Kalo udah, cetak dengan cetakan donat. Bolongan sisa adonan donut yang di tengah itu jangan dibuang ya, bisa dipakai juga kok.


Panasin minyak goreng, goreng semua adonan yang sudah di cetak. Kalo udah mulai kecoklatan, angkat, tiriskan.

Bikin glaze-nya: Lelehkan butter kira2 2sdm di atas panci, masukin gula halus 6sdm, 1sdt ekstrak vanilla, aduk sampai menjadi pekat, cairkan dengan sedikit air, aduk lagi sampai rata, angkat.

Celup salah satu muka cronut ke cairan glaze, ulangin sampai semua cronut selesai dicelup.


Letakkan cronut-cronut tadi di atas piring. Didalam saringan atau ayakan, tuang 1 sdm gula halus, dan 1 sdm bubuk kayu manis, aduk perlahan, lalu mulai tepuk-tepuk campuran gula dan kayu manis ini di atas cronut.

Praktis kan? Versi yang gw bikin ini memang minus cream pattisiere yang jadi isian cronut. Nah, kalo mau yang lebih advanced, silahkan buka beberapa link berikut buat yang pengen bikin versi Cronutkamu sendiri di rumah:
Selamat Mencoba!


-----------------------

Sumber & Foto:




You Might Also Like

0 comments

Like Me on Facebook

Pinterest Board

Subscribe