Resep "Cilantro Butter Rice" dari Beras Merah

Wednesday, July 10, 2013


Sebenernya banyak orang yang udah tahu dan sadar kalo beras putih yang biasa kita makan itu punya kandungan karbohidrat sederhana yang bisa bikin timbangan cepet naik. Tapi kalo disuruh makan beras merah yang jelas lebih sehat, pasti ada aja alesannya. Disini gw akan berbagi satu resep yang (mudah-mudahan) bisa bikin ketagihan makan beras merah.

Sedikit penjabaran kenapa beras putih gampang bikin gemuk: ketika karbohidrat sederhana ini kita makan, tubuh mengolahnya menjadi Glukosa dalam darah. Glukosa ini akan disimpan di tempat cadangannya yang pertama yaitu hati. Tapi dengan kapasitas yang sangat kecil, nggak semua gula darah ini bisa tertampung di sana. So, sisa gula darah lainnya akan diubah oleh hormon Insulin menjadi Glikogen (gula otot) untuk disimpan di tempat penampungan yang lebih besar yaitu otot. Kalo gula darah masih juga belum bisa tertampung seluruhnya di otot, maka gula tadi akan disimpan pada tempat penyimpanan yang paling fleksibel untuk menyimpan yaitu jaringan lemak! Itulah sebabnya kalo kita banyak makan karbohidrat, apalagi karbohidrat sederhana, tapi nggak langsung dipake buat aktifitas fisik, ya selamanya cadangan gula itu akan terus menumpuk.

Makanya sekarang sebagian orang lebih milih beras merah yang punya kandungan karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini nggak akan bikin gula darah naik secara mendadak karena proses pengubahannya menjadi glukosa memang lebih lambat. Tapi dasarnya manusia yaa, makan makanan yang lebih sehat pasti ada aja complaint-nya. Beras merah memang rasanya nggak seenak beras putih karena kandungan gulanya jelas lebih sedikit, teksturnya lebih seret, udah gitu baunya memang agak apek. Nah, karena itu disini gw bakal ngasi satu resep mengolah beras merah biar lebih "manusiawi" buat dimakan... Hehehe... Resep orisinilnya sebenernya pake beras putih, tapi karena ada bahan-bahan seperti daun ketumbar dan kulit jeruk lemon yang wanginya dahsyat, gw rasa bisa nutupin bau beras merah yang kurang menggugah selera.

Cilantro Butter Rice 
Bahan:
  • 1 Cup Beras merah
  • 3 Cup Air matang
  • 1 Sdm Butter, bisa pake mentega juga tapi aromanya kurang nendang kalo dibandingin sama butter. Dan juga mentega itu jenis lemak yang kurang sehat karena nggak mencair di suhu ruang. Jadi bakal lebih susah dibakarnya di tubuh
  • 1/4 Cup Cilantro, alias daun ketumbar, cincang. Biasanya ada di supermarket besar, ada juga yang menyebutnya "Wan Sui"
  • 1 Sdt Kulit jeruk lemon, parut
  • 2 Sdt Air perasan jeruk lemon
Cara Membuat:

Cuci beras merah dengan air mengalir supaya kotoran-kotorannya ilang

Di wajan, lelehkan butter dengan api sedang

Tuang beras merah yang udah bersih tadi ke butter yang udah dilelehin, aduk dan tumis

Masukin daun cilantro yang udah di cincang, aduk 

Masukin parutan kulit jeruk lemon, pastiin kulit yang diparut jangan sampe ke bagian yang terlalu dalam (yang warnanya putih), karena bagian yang itu rasanya pahit. Aduk rata lagi. 

Berikutnya, masukin beras merah yang udah ditumis ke dalam rice cooker

Karena tekstur beras merah ini lebih keras dibandingkan beras putih,
perbandingan beras dengan airnya kira-kira 1:3. Selanjutnya nyalakan rice cooker.

Voila! Gampang kannn.... :)


You Might Also Like

0 comments

Like Me on Facebook

Pinterest Board

Subscribe