Mengurus Visa Myanmar

Wednesday, August 28, 2013



Sebelum memutuskan pergi ke Myanmar gw memang udah baca blog orang-orang yang udah jalan ke sana, dan dari blog itulah gw tau kalo mau traveling ke negara ASEAN yang satu ini masih wajib ada visa yang tertempel di paspor. So, gw disini mau share gimana dan dimana apply visa Myanmar.

Kayaknya banyak ya yang belum tau dimana letak kedutaan Myanmar di Jakarta, mungkin karena masih belum banyak juga orang yang punya urusan ke negara ini. Padahal lokasinya gampang banget lho dicari. Kedutaan yang nama resminya adalah "Embassy of the Republic of the Union of Myanmar" (panjang ya namanya...) ini beralamat di Jalan Haji Agus Salim no.109 Menteng, Jakarta Pusat . Cara paling gampang adalah lewat pintu belakang Wisma Nusantara atau Hotel Pullman (ex Hotel Nikko), karena begitu keluar langsung berhadapan dengan pintu gerbang kedutaan Myanmar ini. Gw sendiri kesana naik bus Transjakarta jurusan Blok M-Kota, dan turun di halte Bundaran HI yang memang persis di depan Wisma Nusantara. Kalo kalian naik mobil atau motor, bisa juga parkir di Wisma Nusantara. Biar ngebantu, nih gw kasi petanya:


Begitu keluar dari pintu belakang Wisma Nusantara, langsung keliatan "gedung" kedutaan Myanmar. Hehe.. Nggak dink, kedutaan Myanmar ini bentuknya rumah sih bukan gedung... Ini dia:


Kedutaan ini memang sepi-sepi aja sih keliatannya, tapi walaupun gitu tetep ada kegiatan kok didalemnya. Gw bahkan sempet ngira kedutaan ini nggak beroperasi lagi gara-gara nomer telfonnya nggak bisa dihubungin, dan pernah baca berita yang bilang kedutaan ini sempet tutup karena sering didemo sama salah satu ormas agama terkait bentrokan antar agama yang terjadi di Myanmar. Untung punya temen yang di KemLu, jadi bisa cari informasi sampe bahkan dikasi nomer HP orang yang kerja di konsular kedutaan Myanmar. Pas ditelfon orangnya bilang kalo kedutaannya buka seperti biasa dan memang pesawat teleponnya sering rusak... Oalah pak...pak.... Mesakke men... (Bahasa Jawa: kasihan banget).

So, ketok aja pintu kecil dengan cat hijau ini nanti langsung ada petugas yang ngebukain pintu. Jangan kaget kalo begitu dibuka pintunya langsung masuk ke tempat pengurusan visanya yang kecil banget kayak pos penjagaan. Ruangan sekecil itu masih disekat pula untuk loket penerimaan dokumen dan pengambilan visa. Biasanya kalo kedutaan kan strict banget ya gak boleh foto-foto. Tapi disini gw dengan leluasa bisa foto dengan tujuan supaya kalian bisa punya gambaran.

 
Kiri: Pintu besi yang langsung berbatasan dengan "dunia luar"
Kanan: Loket untuk penyerahan dan pengambilan dokumen visa

Pas dateng nanti disuruh isi dua form yaitu form daftar tamu dan form untuk aplikasi visa. Form aplikasi visanya cuma isi biodata dan yang agak lucu adalah diminta menuliskan apa warna rambut dan warna mata... Hahaha. Uuntuk apply visa tourist Myanmar cukup dua kali dateng, yang pertama untuk menyerahkan dokumen pengajuan visa yang udah lengkap berikut biayanya, dan yang kedua adalah untuk pengambilan visa.

Dokumen yang perlu disiapkan:

  • Paspor yang masih berlaku untuk 6 bulan kedepan
  • 2 buah pas foto untuk visa (latar putih, dan lebih fokus ke muka) ukuran 4 x 6
  • Fotokopi KTP
  • Surat keterangan dari perusahaan tempat kita bekerja yang mencantumkan bahwa kita akan kesana dengan biaya sendiri, dan tidak akan mencari kerja lagi disana
  • Print out tiket pesawat pergi pulang 
  • Itinerary*
  • Print out booking-an hotel*
*Ini sih sebenernya nggak tau diminta apa enggak tapi gw lampirin


Kalau sudah, serahkan ke loket berikut biaya pembuatan visa tourist sebesar Rp. 200.000, alias "Two Hundred Thousand Only" begitulah mereka menulisnya di receipt yang digunakan untuk mengambil visa yang selesai di 3-4 hari kerja kedepan.

Jam buka kedutaan Myanmar ini untuk pengajuan visa adalah dari pukul 09.30-14.00, sementara untuk pengambilan visa dari pukul 09.30-16.00.

Good luck buat kalian yang mau apply! ;D


You Might Also Like

5 comments

  1. Hi,

    Sangat membantu infonya, dan planning mau ke Myanmar nich Bulan Maret or June 2014, dan ada beberapa pertanyaan, mohon bantuannnya:

    1. kalau misal langsung apply VOA di Yangon nya, harga nya berapa ya?
    2. Apakah dokumen yang harus disiapkan sama dengan kalau kita apply di embassy nya?

    Terima kasih atas bantuannya :)

    Cheers,

    Dewi

    ReplyDelete
  2. Hai mbak Aliyah Dewi,

    Sebelumnya untuk ke Myanmar dengan tujuan apa nih? Tapi asumsi aku sepertinya mbak mau ke sana untuk tujuan Traveling ya… Untuk Visa Turis sampai saat ini aku belum denger kalo diperbolehkan secara On Arrival. Kecuali melalui agen-agen online yang memang punya koneksi dengan imigrasi di Myanmar. Jadi ini tergolong "Pre-Arranged VOA" sebenernya. Cuma setau aku mahal banget sih untuk fee si agent ini.

    Nah kalo VOA di sana bisa diberikan untuk kepentingan Business, Visit (Meeting, Event, Conference), atau Transit. Itupun berkas-berkasnya kurang lebih sama dengan yang aku kasi tau di atas, hanya aja mesti ada surat keterangan dari yang mengundang, tiket pesawat harus menggunakan maskapai negara Myanmar, dan hotel juga yang disetujui oleh government setempat.

    Mudah-mudahan membantu ya mbak…


    *NB: Anyway mbak Aliyah Dewi dulu bekas PRM di Blue Sky ya? Pas aku nulis ini temen kantor aku liat. Aku kantornya di majalah VENUE… Hehehe






    ReplyDelete
  3. Hi,
    Apakah bisa turis asing ( UK citizen ) yang sedang berkunjung ke Indonesia apply visa Myanmar di kedutaan Myanmar di Jakarta. Pekerjaannya adalah pensiunan, jadi gimana dengan surat keterangan kerjanya ya ? Mohon infonya

    Thanks,
    Ririn

    ReplyDelete
  4. Hi Ririn,

    Wah kalo soal itu aku kurang tahu… Coba aja ditelfon kedutaannya. Mudah-mudahan sudah bisa ditelfon, karena waktu itu aku coba ga bisa makanya langsung dateng ke sana.

    Regards,
    Dito

    ReplyDelete
  5. Hi Dito,

    Thanks infonya, iya susah ditelfon. Rencana hari Rabu ini mau ke sana langsung untuk menanyakan. Semoga bisa, jadi tidak perlu ke Bangkok ya..

    Salam,
    Ririn

    ReplyDelete

Like Me on Facebook

Pinterest Board

Subscribe