Hazel Turns One - Ulang Tahun Pertamanya

Thursday, July 21, 2016


Nggak kerasa Hazel sudah satu tahun ini hadir di keluarga kecil kami sebagai pelengkap kebahagiaan. Bener-bener satu tahun pertama ini rasanya sangat cepat berlalu. Secepat progres tumbuh kembang Hazel dari bulan ke bulan. Bukannya mau 'masuk bakul angkat sendiri' nih, kalau kata peribahasa Melayu. Tapi memang Hazel sering membuat kami berdua kagum. Salah satunya adalah ketika dia sudah mulai bisa berjalan beberapa langkah pada usia 10 bulan. Kemudian mulai lancar berjalan (baca: lari) pada sekitar usia 11 bulan. Memang katanya setiap anak dikaruniai talenta yang berbeda-beda. Ada yang lancar jalannya dulu, ada juga yang bisa ngomong duluan. Tapi untuk usia sebayanya, kami rasa Hazel termasuk sangat progresif.

Persiapan 



Setelah sukses menggelar acara Tedak Siten beberapa bulan yang lalu, kami jadi ketagihan bikin acara untuk hari spesial Hazel. Aku memang tidak tertarik untuk mengadakan perayaan ulang tahun pertama ini di restoran cepat saji sebagaimana biasanya acara ulang tahun anak-anak. Lagian kan umur satu tahun gini belum punya temen sebaya yang diundang, alias yang lebih heboh nikmatin pesta justru kami berdua, orang tuanya.

Dari hasil riset yang mendalam di aplikasi Zomato, dan diyakinkan oleh foto-foto dari Instagram, akhirnya kami memilih Wyl's Kitchen sebagai venue acara. Poin plus dari tempat ini adalah tempatnya yang lega untuk bikin acara makan-makan, harga menunya yang cukup reasonable, serta desain interior serba putih yang instagrammable. Eh, ini wajib lho di era sekarang.

Kami lalu mendatangi tempat ini untuk survey secara langsung. Setelah ngobrol-ngobrol dengan orang marketing-nya, mba Rina, jadilah kami semakin yakin untuk memilih tempat ini. Untuk acara makan-makan ulang tahun semacam ini mereka nggak banyak aturan. Hanya mengenakan minimum spending per orang. Kalau untuk acara yang nge-booking satu restoran atau untuk acara wedding, mendingan nanya lagi ya ke mereka. Bisa jadi mereka menerapkan aturan atau charge yang berbeda.

Selanjutnya untuk alasan kemudahan dan kecepatan restoran dalam menyajikan makanan, mereka meminta kami untuk membatasi menu yang bisa dipilih oleh undangan. Hanya sekitar 4-5 menu (main course) saja. Well, tentu ini berguna juga agar budget kami tetap terkontrol. Oh iya satu lagi, di sini kami bebas untuk mendekor-dekor meja serta kursi kami, bahkan juga untuk memasang balon.

Wyl's Kitchen - Veranda Hotel @ Pakubuwono
Jl. Kyai Maja No. 63
Kebayoran Baru, South Jakarta - 12130
Phone: 021-73910808
www.verandahotels.com



Inspirasi Tema dan Konsep



Meskipun pada dasarnya ini adalah acara makan-makan bersama keluarga, tapi kalau tidak ada sentuhan dekorasi, perayaan ulang tahun Hazel tentu akan terasa datar. Untuk itu aku mencoba mencari inspirasi dekorasi yang cukup simple dan tidak memerlukan banyak effort. Terimakasih untuk website Pinterest yang menyediakan banyak sekali inspirasi visual untuk dekorasi pesta. Dan akupun menemukan tema 'Tropical' yang sama sekali tidak sulit untuk diwujudkan.

Nanas dan beberapa jenis daun-daunan tropis: Palem Kuning, Daun Marble, Daun Philo, & Daun Monstera. Itulah elemen utama dari dekorasi ini. Maka aku langsung membuat master pattern design yang nantinya akan diaplikasikan ke dalam banyak hal. Mulai dari undangan, printed materials seperti alas makan dan menu. Bahkan aku juga mencetak pattern ini di atas beberapa jenis kain. Kain-kain tersebut kemudian menjadi bahan baju untuk Hazel, scarf untuk Chika, dan bowtie untukku. Kain dengan custom print semacam ini membuat pesta menjadi sangat personalized. Oh iya, aku mencetak kain ini via website custom.co.id.


Agar sesuai dengan keseluruhan tema, aku juga membuat sendiri kue ulang tahun untuk Hazel. Tadinya sih pengen pesen gitu dari online cake store yang aku liat di Instagram. Tapi pas tau pricelist-nya, mendingan aku bikin sendiri deh. Kue ulang tahun ini dibuat dengan icing bergaya naked cake. Jadi akan keliatan sedikit lapisan sponge cake di dalamnya. Selain karena terkesan rustic, sehingga sesuai dengan tema, ini juga untuk mengakali kerapihanku dalam membuat icing yang tentunya kelas amatiran... Hahaha.... Dekorasi kuenya hanya sederhana saja: daun rosemary sebagi rumput-rumputan, dan miniatur pohon kelapa yang biasa digunakan oleh Arsitek dalam membuat maket.

The Celebration Day


Tibalah hari perayaan ulang tahun Hazel. Aku mulai mendekorasi meja kira-kira satu setengah jam sebelum acara dimulai. Dan karena semuanya sudah direncanakan dengan matang, aku menyelesaikan semua ini kurang dari satu jam saja. Dan hasilnya... aku sangat puas! Interior restoran yang serba putih memang sangat menunjang, ibarat kanvas kosong yang bisa kita isi dengan apapun kreativitas kita. Inilah beberapa foto-foto serunya perayaan ulang tahun Hazel.






Sekali lagi, selamat ulang tahun ya anak perempuanku,
Hazel Alana Kayara Novandito... Babab & Ibu love u!

You Might Also Like

0 comments

Like Me on Facebook

Pinterest Board

Subscribe